Ads Top


Solusi Mengobati Batuk Kering secara Alami

Solusi Mengobati Batuk Kering secara Alami - Batuk kering biasa disebut dengan batuk tidak berdahak, karena pada batuk ini tidak mengeluarkan lendir. Batuk kering yang dibiarkan akan membuat tenggorokan iritasi dan sakit, maka jauhilah rokok, minum es dan makan makanan berminyak yang berlebihan. Batuk kering bisa jadi merupakan reaksi dari penyakit saluran pernafasan, seperti TBC, kanker paru-paru, dan sebagainya. Batuk kering juga bisa sebagai reaksi dari alergi, jika ini terjadi maka anda harus menghindari allergen yang menyebabkan batuk kering. Dikutip dari laman Aktualita, berikut beberapa cara mengobati batuk kering alami yang bisa anda lakukan :

1. Jahe.
Rempah yang terkenal menghangatkan tubuh ini ternyata juga bisa digunakan sebagai obat batuk. Anda bisa memasukannya dengan teh, sehingga lebih nikmat. Caranya yaitu : bersihkan dan tumbuk kasar jahe, kemudian campurkan dengan segelas the hangat. Minum 2 kali sehari hingga batuk reda.

2. Jeruk Nipis dan Kecap.
Jeruk nipis diketahui dapat meredakan batuk kering, campurkan dengan kecap untuk meminimalisir rasa asam pada jeruk. Caranya, campur 1 sendok makan air perasan jeruk nipis dan 1 sendok makan kecap. Minumlah 3 kali sehari secara teratur.

3. Kunyit.
Kunyit mempunyai fungsi sebagai antibiotic yang mampu menyembuhkan peradangan yang terjadi pada saluran pernafasan. Cara mengobati batuk kering alami dengan kunyit sangat mudah, yaitu campur 1 sendok makan bubuk kunyit (atau anda dapat memarutnya sendiri) dengan 1 sendok makan madu. Seduh kedua bahan tersebut dengan air hangat, dan minum selagi hangat rutin 2 kali sehari.

4. Cuka Apel.
Meminum cuka apel yang sudah dicampur dengan air hangat akan melegakan rasa sakit ada tenggorokan anda.

5. Daun Pegagan.
Daun pegagan juga dapat dijadikan sebagai obat herbal batuk kering. cara mengobati batuk kering alami dengan daun pegagan yaitu:
•    Siapkan 30 gr daun pegagan
•    Gula batu secukupnya
•    150cc air hangat
•    Blender daun pegagan bersama gula batu dan air
•    Setelah halus, saring dan minum rutin 2 kali sehari

6. Belimbing Wuluh.
Kegunaan belimbing wuluh sebagai batuk kering belum banyak diketahui. Rasa asam pada belimbing wuluh memberikan rasa nyaman pada gatal tenggorokan setelah meminumnya. Cara mengolahnya sebagai obat herbal batuk kering yaitu :
•    Bersihkan dan parut 10 buah belimbing wuluh
•    Campurkan dengan segelas air  lalu saring
•    Bisa tambahkan garam sesuai selera
•    Anda bisa meminumnya 2 kali sehari secara rutin

7.  Kayu manis
Rebus kayu manis, kemudian tambahkan gula dan garam. Ramuan ini bisa digunakan untuk melegakan tenggorokan akibat batuk kering.

8. Garam
Jika anda mengalami batuk kering, maka berkumurlah dengan air garam. Garam bisa membunuh bakteri yang menyebabkan iritasi pada tenggorokan.

9. Air putih
Perbanyak minum air putih memang punya banyak manfaat. Pada batuk kering, air putih membantu meredakan rasa gatal dan kering pada tenggorokan serta bisa menghindarkan tenggorokan dari lecet.

Itulah informasi tentang solusi mengobati batuk kering secara alami. Semoga penjelasan di atas bisa bermanfaat bagi anda.

No comments:

Powered by Blogger.